Connect with us

Hi, what are you looking for?

Gaib & Spiritual

Benang merah Buddhisme dan Sedulur Papat Limo Pancer dalam Kejawen, Kasih.

Sedikit ulasan tentang saudara 4 dan pancer 5, gabungan Buddhisme Maitreya, Konfusianisme, Taoisme dan Buddhisme Sidharta Gautama. Saya akan merinci sesuai urutan ini:

  • Putih dalam Buddhisme Maitreya, simbol paru-paru ilmu medis Tiongkok adalah logam dalam Taoisme, atau kebaikan dalam Konfusianisme, sama dengan sila dilarang membunuh dalam Buddhisme Sidharta Gautama, setiap orang berbuat sesuatu yang jahat maka nafasnya akan terengah atau tidak lancar.
  • Merah, simbol api, jantung, persaudaraan, sama dengan sila dilarang menipu, orang yang hatinya dingin mudah terserang penyakit jantung.
  • Hitam, simbol air, ginjal, kesusilaan atau tahu aturan, sila dilarang berzinah. Orang yang mengumbar nafsu syahwat kelewat aturan/berlebih akan rusak ginjalnya.
  • Hijau, simbol kayu, kebijaksanaan, hati/lever, sila dilarang makan yang memabukkan, harfiahnya arak, termasuk pula harta, tahta, wanita. Tahu salah tapi sengaja melanggar akan menimbulkan racun dalam hati/lever,mengganggu metabolisme tubuh.
  • Kuning, simbol tanah, lambung atau alat pencernaan, kepercayaan, sila dilarang berbohong. Orang yang tidak memelihara kepercayaan akan mengalami gangguan pada organ pencernaannya. Urutannya dalam falsafah Konfusianisme, manusia itu dasarnya baik, berkembang menjadi suka melihat orang lain gembira (persaudaraan), persaudaraan/pergaulan akan mengantar mengenal aturan hidup (tata susila), banyak tahu tata susila menjadi tahu benar-salah(bijaksana), memegang kebijaksanaan dalam hidupnya (dapat dipercaya).

Dan dari lima warna/unsur/organ/sifat baik manusia di atas, kuning/tanah/lambung, alat pencernaan/kepercayaan adalah yang utama sebagai gabungan empat sifat bajik yang lain. Dan hanya manusia makhluk yang sempurna tingkat dapat dipercayanya. Dalam ilmu ramal Bangsa Tionghoa, orang yang dalam dirinya memiliki unsur logam, kayu, air, dan kayu adalah stabil hidupnya, ataupun yang memiliki unsur tanah, terbaik adalah memiliki kelimanya walau amat jarang.

Perhitungan ini sesuai weton dalam perhitungan Bangsa Tionghoa, pula penyakit seperti saya sebutkan di atas dapat dijabarkan oleh ilmu pengobatan Tiongkok yang memegang kesatuan lima unsur di atas. Meniilik semua sifat baik manusia dan sila pantangan diatas maka manusia diwajibkan bervegetarian, dan sesuai dengan sistem pencernaan manusia yang kompleks/panjang, makan daging akan membusuk sebelum dicerna sempurna/keluar dari pencernaan.

Hewan-hewan karnivora pendek saluran cernanya dan cepat membuang yang dimakan. Disebutkan pula tentang hubungan arah dan lima unsur, barat atau kebaikan, selatan atau persaudaraan, timur atau susila, utara atau kebijaksanaan. Dan kepercayaan di tengah, yaitu di diri kita mau tidak memegangnya. Barat adalah juga simbol asal kita nirvana, tempat kebaikan, timur adalah simbol dunia fana, yang berarti dunia ini harus mengikuti aturan agar berjalan lancar.

Ada sebuah ujar yang maknanya tersirat, pintu nirvana yang terbuka hanya pintu selatan, dengan kata lain, pupuklah sifat persaudaraan (baca:welas asih) agar dapat kembali ke asal. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 (Franky Rudiyanto Tanojo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Sastra

JANGKA RANGGAWARSITAN .I. JAKA LODANG, II. KALATIDA, III. SABDA TAMA, IV. SABDA JATI, V. KALITIDA PININGIT, VI. WEDATAMA PININGIT.   Ingkang ngimpun lan nyukani...

Gaib & Spiritual

Ketika dihadapkan pada tantangan jaman, bahwa orang yang belajar ilmu ghaib tidak lagi punya waktu lama untuk prosesi, juga tidak sanggup lagi melakukan dzikir,...

Sastra

PUPUH I ASMARANDANA //Kasmaran panganggitgending / Basa Sunda lumayanan / Kasar sakalangkung awon / Kirang tindak tatakrama /Ngarang kirang panalar / Ngan bawining tina...

Non Medis

Ibu ini adalah satu dari sekian orang yang terkena penyakit kiriman atau bahasa ghaibnya adalah “santet.” Pada saat kami menangani beliau ini, kiriman datang...

Translate »